Puasa dan Tarawih tetapi tidak Shalat???

Dari : Sabrata,, pasaman barat… Sabsabsata@yahoo.com

Pertanyaan : Orng yg puasa n solat sunat trweh tpi tidk solat fardu gmna status puasa nya…? n pa hadis shahih mnerangkan nya…?

Jawab :

Saudaraku yang semoga Allah memberikan ampunan dan kemudahan dalam segala hal bagi kita semua.

Seseorang yang tidak shalat terancam kafir, apabila dia menyengaja tidak shalat dan menentang kewajiban shalat atau ia hanya shalat hanya di bulan Ramadhan saja maka ‘Abdullah bin Syaqiq –rahimahullah- (seorang tabi’in yang sudah masyhur) mengatakan, “Para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah pernah menganggap suatu amalan yang apabila seseorang meninggalkannya akan menyebabkan dia kafir selain perkara shalat.” [Perkataan ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari ‘Abdullah bin Syaqiq Al ‘Aqliy ,seorang tabi’in. Hakim mengatakan bahwa hadits ini bersambung dengan menyebut Abu Hurairah di dalamnya. Dan sanad (periwayat) hadits ini adalah shohih. Lihat Ats Tsamar Al Mustathob fi Fiqhis Sunnah wal Kitab]. Para sahabat menganggap apabila seseorang meninggalkan shalat maka ia telah kafir, sehingga bagaimana mungkin puasanya, tarawihnya ataupun amalan ibadah yang lainnya sah???
Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah rodhiallohu ‘anhu, bahwa Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :
” إن بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة “.
“Sesungguhnya ( batas pemisah ) antara seseorang dengan kemusyrikan dan kekafiran adalah meninggalkan shalat.” ( HR. Muslim, dalam kitab al iman ).

Diriwayatkan dari Buraidah bin Al Hushaib rodhiallohu ‘anhu, ia berkata : aku mendengar Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :
” العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر “.
“Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat, barang siapa yang meninggalkannya maka benar benar ia telah kafir.” ( HR. Abu Daud, Turmudzi, An Nasai, Ibnu Majah dan Imam Ahmad ).

Perhatikanlah hadits-hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan (tetap) mengamalkannya, maka tidaklah Allah butuh (atas perbuatannya meskipun) meninggalkan makan dan minumnya” (HR. Bukhari 4/99)

Dari Abu Hurairah, Rasululah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,”Puasa bukanlah dari makan, minum (semata), tetapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji. Jika ada orang yang mencelamu, katakanlah: Aku sedang puasa, aku sedang puasa ” (HR. Ibnu Khuzaimah 1996, Al-Hakim 1/430-431, sanadnya SHAHIH)

Dari hadits tersebut di atas, bahwa orang yang berpuasa tetapi masih berkata dan beramal dengan kedustaan, serta melakukan perkataan dan perbuatan sia-sia dan keji, maka pahalanya puasanya tidak diterima, lantas bagaimana orang yang berpuasa tetapi tidak shalat fardhu?

Pantaslah jika kita katakan bahwa orang yang berpuasa dan melaksanakan tarawih tetapi tidak melaksanakan shalat fardhu maka puasa dan tarawihnya tidak sah dan tertolak (tidak mendapatkan pahala)

wallohu a’lam. semoga bermanfaat

Sabrata,, pasaman barat…
Sabsabsata@yahoo.com
112.215.66.126

Orng yg puasa n solat sunat trweh tpi tidk solat fardu gmna status puasa nya…? n pa hadis shahih mnerangkan nya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s